Kamis, 09 Juni 2016

Manfaat Wilayah Laut Indonesia Yang Luas



Dengan luasnya wilayah laut Indonesia, terdapat beberapa manfaat yang dapat kita ambil, diantaranya :

  •   Laut yang luas memberi akses untuk transportasi baik domestik maupun mancanegara serta perdagangan lautan, dimana akses perdagangan melalui lautan ini memberikan banyak akses dari Exportir dan Importir seluruh mancanegara melewati perairan Indonesia baik itu untuk melanjutkan perdagangan ke negara tetangga atau Indonesia sendiri. Dan jalur perdagangan lewat laut memang terbukti yang paling efektif karena dapat memuat produk hingga berkontainer banyaknya.

  •   Laut adalah penyedia sumber protein terbesar di dunia karena banyaknya biota laut yang dapat dimanfaatkan baik digunakan untuk membuat suatu produk maupun untuk dikonsumsi. Di Indonesia sumber daya perikanan memiliki potensi sebanyak sekitar 6,7 juta ton per tahun yang tersebar di seluruh wilayah laut Indonesia dan dapat digunakan oleh rakyat pesisir sebagai sumber mata pencaharian, seperti nelayan.

  •  Peta kondisi sumber daya perikanan di Indonesia

    •   Di Indonesia terdapat beberapa wilayah perairan yang mengandung cadangan gas alam yang sangat berharga, salah satunya di laut Natuna Kepulauan Riau yang mempunyai cadangan gas alam yang terbesar di Asia Pasifik bahkan di dunia.
    •  Laut – laut di Indonesia menawarkan keindahan alamnya bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. tempat wisata laut yang sering menjadi destinasi wisata diantaranya Raja Ampat, Taman Laut Bunaken dan Taman Laut Karimun Jawa. Bahkan keindahan laut di Kepulauan Raja Ampat pernah didokumentasikan dalam film dokumenter berjudul “Edis Paradise 3” dengan pemutaran perdananya di Swiss dan Taman Laut Bunaken pernah mendapatkan penghargaan dari National Geographic sebagai taman laut terindah di Dunia.
              Berikut tampilan gambar sebagai bukti keindahan laut Indonesia.


    Taman Laut Bunaken
     



    Kepulauan Raja Ampat




    Taman Laut Karimun Jawa








Tidak ada komentar:

Posting Komentar